Pengikut

RSS

Strategi Manajemen Perusahan Sofware

pada dasarnya produsen2 perangkat lunak tertutup tersebut saat ini notabene sudah dalam kondisi mapan. Bisa dibilang sudah dalam kondisi puncak mengingat sudah memiliki pangsa pasar yang jelas sehingga going concern sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kahadiran perangkat lunak terbuka (Open Source) memang sedikit demi sedikit menggerus pangsa pasar produk - produk yang sudah eksis tersebut. Memang dari sisi komputer personal (PC & laptop) belum terasa akan tetapi di sisi enterprise, banyak bukti yang mendukung, seperti;

http://news.softpedia.com/news/Hollywood-Loves-Linux-45571.shtml
Untuk perusahaan perfilm-an Hollywood

http://www.docstoc.com/docs/20980711/Linux-di-Perusahaan-Pengelolaan-Perkebunan-Kelapa-Sawit
PT Astra Agro Lestari

http://www.pclinux3d.com/linux/mengapa-google-facebook-dan-amazon-menggunakan-linux.html
Google, Facebook dan Amazon

http://bebas.vlsm.org/v23/InfoLinux2007/InfoLINUX_10-2007/36-37_Bisnis_10.pdf
BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional)

Dan tentunya masih banyak lagi, belum lagi lewat ketetapan ISO/IEC 26300:2006 yang menyatakan bahwa Open Document Format (bukan .doc atau .docx , dsb. milik Microsoft) telah menjadi format standar untuk dunia internasional.

Kesemuanya jelas menimbulkan external threads yang sangat besar dalam menggerus pangsa pasar perusahaan - perusahaan perangkat lunak tertutup tersebut yang pada akhirnya juga akan mengganggu going concern di masa depan.

Sesuai ilmu Manajemen Strategi, bila ada perubahan di sisi eksternal walaupun perusahaan tetap membukukan keuntungan maka perusahaan harus mengambil tindakan untuk mengatasi-nya.

Akhirnya, strategi lobby kepada Pemerintah Amerika Serikat diambil oleh asosiasi perusahaan tersebut dengan mengadukan Pemerintah Indonesia yang menganjurkan penggunaan Open Source Software lewat SE MenPAN SE/01/M.PAN/3/2009 tanggal 30 Maret 2009 tentang : Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS). Tindakan tersebut mereka adukan dengan tuduhan memblokir / merugikan perusahaan software dari Amerika untuk bersaing dengan penyedia perusahaan perangkat lunak lokal dalam penyediaan perangkat lunak untuk pemerintah.

http://aldebaran-chandra.blog

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar